5 Insiden Balapan MotoGP Yang Terjadi Di Sirkuit Sepang

Klik Disini
Winning.id - Sirkuit Sepang Malaysia selama ini dikenal sebagai salah satu sirkuit terbaik. bahkan sirkuit Sepang selalu konsisten menyelenggarakan dua balapan teratas yaitu MotoGP dan F1 lebih dari 10 tahun terakhir. Sepang memiliki Trek yang panjang dan lebar. jadi tak heran ketika menyaksikan MotoGP kita akan melihat para Rider memacu motor nya dengan sangat cepat. Sayang dalam beberapa tahun terakhir banyak terjadi Insiden di sirkuit Sepang. Berikut adalah 5 Insiden di MotoGP yang terjadi di Sirkuit Sepang dalam beberapa tahun terakhir.

Moto3 (2016)
Di edisi tahun lalu balapan di seri sepang dijalani dengan kondisi basah. Hanya 17 dari 31 rider Moto3 yang berhasil menyelesaikan balapan. Pada lap pertama setidaknya ada delapan pembalap terlibat kecelakaan dan beberapa di antaranya tidak bisa melanjutkan balapan

Insiden pertama melibatkan Andrea Migno (SKY Racing Team VR46), Juan Francisco Guavera (RBA Racing Team), dan Ayumu Sasaki (Gresini Racing) yang tampil dengan fasilitas wilcard. Masih pada lap yang sama, insiden kembali terjadi. Jorge Martin (Mahindra) mengalami highside dan menyebabkan empat pebalap lainnya terjatuh.

Hampir setiap lap selalu ada kecelakaan dan akhirnya Balapan hanya diselesaikan sampai lap ke 13. Bagnaia keluar sebagai pemenang

Pol Espargaro (2014)
Pol Espargaro mendapat kecelakaan parah saat menjalani sesi latihan bebas ketiga GP Malaysia di Sirkuit Sepang. Pebalap Yamaha Tech3 tersebut terlempar dari motornya saat insiden terjadi di tikungan satu. Kecelakaan dipicu karena ada oli yang mengalir di roda belakangnya.

Sebelumnya Espargaro sudah diperingati oleh pembalap lain yakni Scott Redding kalau ada masalah pada bagian belakang motornya.



Tabrakan Beruntun Moto2 Tahun (2013)
Kecelakaan beruntun terjadi saat Race Moto2 tahun 2013 dimana melibatkan lima pembalap sekaligus. termasuk pembalap asal Indonesia Fadli Immammuddin yang menggunakan Wild Card. Insiden ini bermula ketika pembalap Axel Pons dari tim tim Tuenti HP 40  mengalami highside dan terjatuh ketika keluar dari tikungan ke 14 di lap pertama dan terpental keluar lintasan, sementara motornya tergeletak di tengah lintasan.

Beberapa pembalap berhasil lolos melewati motor yang tergeletak tersebut.Namun kemudian M. Fadli Imammudin asal Indonesia yang baru keluar dari tikungan ke-14 tak bisa menghindari motor tersebut dan menabrak motor Axel Pons hingga sempat terlempar dan berputar di atas aspal.Sementara Ezequiel Iturrioz yang tak dapat menghindar juga menabrak motor Pons dan terpental dari motornya.

Insiden tersebut menyebabkan red flag dikibarkan dan balapan dihentikan. Balapan yang seharusnya berlangsung 19 putaran itu kemudian di ulangi dengan cuma 12 putaran.

Tendangan Valentino Rossi Ke Marc Marquez (2015)
Tendangan Rossi ke Marquez pada balapan tahun 2015 adalah Insiden kontroversi yang terjadi di MotoGP saat itu. bahkan mungkin insiden ini akan tercatat dalam sejarah buruk MotoGP dimana Rider senior seperti Rossi melakukan tindakan tidak sportif dengan menghalangi laju motor Marquez serta menyenggolnya dengan kaki.

Balapan sudah panas sejak pertengahan pekan saat konfrensi Pers dimana Rossi menuduh Marquez membantu Lorenzo untuk menjadi juara dunia. Hal ini berlanjut saat balapan. dari saat mulai Start persaingan Rossi dan Marquez sangat sengit dimana kedua rider saling salip.

Ternyata hal ini membuat Rossi gerah dan pada akhirnya ia melakukan tindakan tidak Sportif dengan menendang Marquez hingga ia crash dari Motornya. akibatnya Rossi mendapat hukuman dengan Start dari Grid belakang pada race berikutnya. ini adalah catatan buruk untuk Live Legend MotoGP.


Marco Simoncelli (2011)
Tanggal 23 Oktober 2011 menjadi sejarah kelam bagi dunia MotoGP dimana pembalap asal Italia Marco Simoncelli harus meninggal karna kecelakaan yang dialaminya saat balapan di Sirkuit Sepang.
Simoncelli selama ini dikenal sebagai pembalap nyentrikdan berani. tak heran ia sering mendapat kritik dari pembalap lain karna aksinya. Simoncelli membuka balapan seri Grand Prix Malaysia dengan sangat impresif. Namun nasib nahas menimpanya di lap kedua. Saat sedang beradu kencang dengan Alvaro Bautista pada tikungan ke-11 Simoncelli kehilangan kontrol pada motornya dan harus jatuh menggantung. Saat itu kaki kanannya terlihat terjepit di sela motor dan jalanan sirkuit.
Di saat bersamaan melaju pembalap Yamaha Monster Tech 3, Colin Edwards, yang tepat berada di belakang Simoncelli. Tabrakan tak dapat terelakkan, ketika itu Edwards menginjak bagian bawah tubuh Simoncelli disusul dengan Valentino Rossi yang menyambar bagian kepalanya.

Artikel Winning Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 Winning | Design by rollyahmad