Fakta Menarik Seputar Turnamen Piala AFF

Winning.id - Perhelatan Piala AFF adalah turnamen sepakbola antar negara tertinggi di Asia tenggara. turnamen ini sudah berlangsung sejak tahun 1996 dan perhelatan tahun ini memasuki tahun ke 20. ada beberapa fakta menarik seputar Piala AFF yang dulunya bernama piala tiger, Berikut ulasanya

Awalnya Bukan kompetisi resmi
Piala AFF (Dulu Piala Tiger) awalnya bukanlah kompetisi resmi Sepakbola dibawah naungan FIFA atau AFC. Turnamen biasa antar negara Asean ini awalnya diadakan oleh perusahaan minuman Bir bernama Tiger. namun seiring berjalan nya waktu Piala AFF mengawali kemajuan pesat dan akhirnya turnamen ini pada 2016 di akui oleh AFC dan tahun ini FIFA memasukkannya sebagai turnamen kategori A.

Sejarah Buruk Sepakbola Gajah
Piala AFF memiliki sejarah buruk dan memalukan ketika terjadi pertandingan yang jauh dari sportifitas antara Indonesia melawan Thailand di penyisihan Grup. kedua tim tampil apa adanya karna tidak ingin jadi pemenang demi menghindari Vietnam di semi final. pemain Indonesia Mursyid Effendi  melakukan Gol bunuh diri di akhir pertandingan. kedua tim akhirnya didenda dan Mursyid Effendi dilarang tampil seumur hidup.

Naturalisasi
Banyak timnas yang berkompetisi di Piala AFF melakukan naturalisasi demi menjadi juara. Singapura adalah negara pertama yang melakukan ini dan terbilang sukses. di tahun 2010 Indonesia jg melakukan sama dan sekarang Filipina dan Thailand jg melakukan Naturalisasi

Piala AFF lebih Meriah Daripada Piala Asia
Piala AFF bukanlah kompetisi tertinggi sepakbola di Asia. Kompetisi tertinggi dibenua kuning adalah Piala Asia. tapi urusan kemeriahan dan ketatnya persaingan Piala AFF lebih unggul. hal ini di akui sendiri oleh Presiden AFC yang mengatakan iri dengan kompetisi Piala AFF. Berbeda dari Piala Asia yang terbilang sepi penonton

Indonesia satu satunya negara Besar yang belum juara
Miris rasanya Indonesia sebagai negara besar di belum pernah menjadi Juara. sementara negara seperti Thailand, Singapura, Vietnam dan Malaysia pernah memenanginya.

Format Tandang Kandang
Inilah alasan utama kenapa penonton di Piala AFF itu selalu ramai. karna selain di adakan di dua negara ketika penyisihan Grup format semifinal dan final yang menggunakan tandang kandang mampu menghadirkan banyak penonton.

Rival Indonesia Itu Thailand Bukan Malaysia
Banyak yang berpikir kalau rival Indonesia di Piala AFF itu adalah malaysia. orang orang yang berpikir demikian adalah mereka yang baru nonton sepakbola. rival indonesia sesungguhnya di Asean itu adalah Thailand bukan malaysia. bahkan sejak 80an di era Sea Games. Kedua tim sudah bersaing ketat di Asean.

0 Response to "Fakta Menarik Seputar Turnamen Piala AFF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel