Prestasi Terbaik Timnas Sepakbola Indonesia

Winning.id - Walaupun Sepakbola menjadi olahraga nomor satu di Indonesia, sayangnya tidak di iringi dengan prestasi di ajang Internasional. bahkan beberapa dekade belakang tak sekalipun Timnas Sepakbola Indonesia merasakan gelar di ajang Internasional. tapi tentu saja Indonesia memiliki memori manis di beberapa ajang Internasional yang pernah di ikuti. berikut adalah pencapaian terbaik Sepakbola Indonesia di ajang Internasional yang pernah diikuti.

Piala Asia
Indonesia pertama kali mengikuti Piala Asia pada tahun 1996. dan selanjutnya rutin mengikuti pada Piala Asia tahun 2000, 2004 dan 2007 (Tuan Rumah). sedangkan selanjutnya tak sekalipun Indonesia lolos ke babak penyisihan Grup. Sayang selama mengikuti kompetisi tertinggi di benua kuning ini Indonesia tak sekalipun Lolos dari penyisihan Grup.

Asian Games
Banyak yang mengatakan kalau Gengsi sepakbola di Asian Games lebih baik ketimbang Piala Asia itu sendiri. entahlah. yang jelas Indonesia pernah menorehkan sejarah di Ajang ini. yakni ditahun 1958 yang berlangsung di Jepang.

Timnas Indonesia berhasil menapakkan kakinya di Semifinal sebelum akhirnya dikalahkan China 1-0. diperebutan tempat ketiga Indonesia sukses menghantam India dengan skor 4-1 dan meraih medali Perunggu. ini menjadi satu satunya Medali Cabang Sepakbola Indonesia di Asian Games

Olimpiade
Timnas Sepakbola Indonesia memiliki kenangan manis di ajang Olimpiade ketika berhasil menembus babak 8 besar sebelum dikalahkan raksasa sepakbola saat itu Uni Soviet. yang membanggakan adalah Timnas Indonesia saat itu berhasil memaksa Uni Soviet melakukan pertandingan ulang karna sebelumnya pertandingan diakhiri skor kacamata 0-0.

Sayang dipertandingan ulangan Maulwi Salean cs di bantai 4-0. pencapaian yang sampai saat ini belum mampu dilewati oleh Timnas bahkan sampai saat ini Timnas masih sulit menembus penyisihan Grup.

Sea Games
Cabang Sepakbola Sea Games barangkali menjadi satu satunya Gelar yang pernah diraih Timnas Sepakbola Indonesia di ajang Internasional. Timnas berhasil meraihnya pada tahun 1987 dan 1991. saat itu Indonesia di perkuat generasi hebat seperti Ricky Yacobi dan Ribut Waidi.

Di Final Sea Games 1987 Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 dan di Sea Games 1991 Indonesia menumbangkan Thailand lewat adu Penalti. Emas Sea Games 1991 adalah gelar terakhir yang dibuat Timnas Indonesia diajang Internasional

AFF
Mungkin kutukan menjadi kata yang tepat menggambarkan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF (Dulu Piala Tiger). bagaimana tidak timnas Indonesia berhasil 5 kali menembus partai Final (2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016). sayang tak sekalipun Timnas menjadi Juara. terakhir Timnas kalah oleh Thailand di Final AFF 2016.

AFC Cup
AFC Champions League adalah kejuaraan antar Klub di Asia seperti Liga Liga Eropa (Piala UEFA). walau baru berlangsung dari tahun 2004 namun turnamen ini cukup bergengsi. walau Klub asal Indonesia belum pernah menjadi juara di ajang ini namun Klub asal Indonesia Persipura berhasil menembus Semifinal pada tahun 2014.

Yang mencengangkan adalah mereka mengalahkan juara bertahan Kuwait FC dibabak 8 besar. sayang di semifinal Indonesia kalah dari Al-Qadsia SC dengan agregat 10-2.

0 Response to "Prestasi Terbaik Timnas Sepakbola Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel