Pelatih Asing Tersukses Di Liga Italia - Serie A

Winning.id - Italia memang dikenal sebagai negara yang melahirkan pelatih pelatih hebat. sebut saja  Giovanni Trapattoni, Marcello Lippi, Fabio Capello. Carlo Ancelotti hingga sekarang Antonio Conte. para pelatih tersebut sudah mulai melatih di liga liga selain italia. seperti Ancelotti yang sebelumnya pernah melatih Chelsea, Madrid dan sekarang Munchen. selain itu ada Antonio Conte yang saat ini menangani Chelsea. tapi jangan salah walaupun demikian ada beberapa pelatih asing yang sukses ketika melatih klub serie-A. berikut orang orang itu.

Vujadin Boskov 
Sampdoria pernah mencapai masa kejayaan di akhir 80 dan awal 90an. saat itu Sampdoria di latih oleh Vujadin Boškov yang berasal dari Serbia (Dulu Yugoslavia). dibawah asuhan Boskov menjadi sebuah tim yang di segani di Serie-A. walau tidak diperkuat pemain bintang ia mampu melahirkan pemain hebat seperi  Roberto Mancini, Gianluca Vialli, Gianluca Pagliuca dll.


Ia membawa Sampdoria menjadi juara Coppa Italia dua kali berturut turut pada tahun 1988 dan 1989. dan ditahun 1990 Boskov mengantar Sampdoria menjuarai Piala Winners. baru setahun berikutnya ia berhasil meraih Scudetto. dan yang paling mengejutkan adalah ketika Sampdoria berhasilia bawa melangkah ke Final Liga Champions (Dulu Piala Champions) walau akhirnya takluk dari Barcelona 1-0.


Sven-Goran Eriksson
Sven Goran Erikson mulai melatih Klub serie-A di tahun 80an saat itu ia melatih As Roma dan berhasil mengantar Roma meraih Coppa Italia selanjutnya ia meneruskan estafet dari Vujadin Boskov untuk melatih Sampdoria. akhirnya ia kembali ke Ibukota kali ini melatih Lazio. dibawah racikan pelatih asal Swedia ini Lazio kembali dibuatnya menjadi raksasa Serie-A.

Di musim 1998/99 Lazio dibawa mampu finis di posisi kedua. baru pada musim berikutnya secara dramatis akhirnya Lazio meraih Scudetto untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Sven-Goran Eriksson pun dinobatkan sebagai pelatih terbaik serie-A dan karna kehebatannya ia dipilih FA untuk menjadi pelatih Timnas Inggris dan menjadi pelatih asing pertama yang menjadi Manajer Three Lions.

Jose Mourinho
Pada tahun 2008 Jose Mourinho datang ke Italia untuk melatih Intermilan yang saat itu memang sebelumnya sudah menjuarai serie-A. tapi dibawah asuhan nya Intermilan akhirnya kembali merasakan gelar Liga Champions yang sudah tidak mereka raih sejak 1965.

Bahkan Mourinho meraih Treeble Winners pada musim 2009/2010 dan menjadikan Intermilan satu satunya Klub yang mampu meraih Treeble Winners

0 Response to "Pelatih Asing Tersukses Di Liga Italia - Serie A"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel